9 Daftar Jurusan Favorite pada PKN STAN

9 Daftar Jurusan Favorite pada PKN STAN

9 Daftar Jurusan Favorite pada PKN STAN – Tentunya ada beberapa persyaratan yang harus kamu data sgp penuhi terlebih dahulu.  Pendaftaran PKN STAN 2023 akan diadakan bersamaan dengan Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) di bawah Kementerian Pendidikan (Kemendikbud).

Mengingat nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) akan menjadi salah satu persyaratan pendaftaran sekolah kedinasan yang satu ini. Nantinya, tes UTBK SNBT akan diselenggarakan selama 14 hari dan 28 sesi dengan pembagian 2 sesi setiap harinya. UTBK SNBT sendiri akan diselenggarakan mulai tanggal 8 hingga 14 Mei 2023 untuk gelombang 1 dan 22 hingga 28 Mei 2023 untuk gelombang 2.

Baca Juga:

Jurusan PKN STAN

  • Program studi Diploma III Akuntansi
  • Program studi Diploma III Pajak
  • Program studi Diploma III PBB/Penilai
  • Program studi Diploma III Kepabeanan dan Cukai
  • Program studi Diploma III Kebendaharaan Negara
  • Program studi Diploma III Manajemen Aset
  • Program studi Diploma IV Akuntansi Sektor Publik
  • Program studi Diploma IV Manajemen Keuangan Negara
  • Program studi Diploma IV Manajemen Aset Publik

Syarat Pendaftaran PKN STAN 2023

Ada beberapa syarat pendaftaran untuk masuk dalam sekolah kedinasan PKN STAN.

Meskipun hingga artikel ini terbit belum ada siaran resmi dari PKN STAN terkait syarat pendaftarannya tahun 2023.

Namun berikut adalah garis besar syarat pendaftaran PKN STAN 2023 merujuk dari persyaratannya pada tahun lalu.

  1. Merupakan lulusan tahun gatot kaca slot 2022 dan sebelumnya atau calon lulusan tahun 2023 semua Sekolah Menengah Atas/sederajat.
  2. Persyaratan nilai (bukan hasil pembulatan) bagi peserta: Lulusan tahun 2022 dan sebelumnya harus punya rata-rata nilai ujian pada ijazah tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00; atau Calon lulusan tahun 2023, harus punya nilai rata-rata rapor untuk komponen pengetahuan pada 5 (lima) semester (semester gasal dan genap untuk kelas X dan XI serta semester gasal kelas XII) tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00 dengan ketentuan pada saat pendaftaran ulang yang bersangkutan telah dinyatakan lulus dan memiliki rata-rata nilai ujian pada ijazah tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00.
  3. Usia maksimal pendaftar pada tanggal 1 September adalah 21 tahun, dalam pengertian calon peserta yang lahir sebelum tanggal 1 September 2002 tidak diperkenankan untuk mendaftar. Usia pendaftar minimal 15 tahun pada tanggal 1 September 2023.
  4. Pendaftaran sudah mendaftar pada portal Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) guna mengikuti SNBT UTBK tahun 2023.
  5. Pendaftar wajib memiliki nilai UTBK SNBT (minimal nilai score akan di-update).
  6. Pendaftar dinyatakan memiliki sehat jasmani dan rohani, serta bebas dari ketergantungan napza (narkoba, psikotropika, dan zat adiktif lainnya).
  7. Bagi pendaftar pria tidak bertato/bekas tato, tidak bertindik atau memiliki bekas ditindik telinganya atau anggota badan lainnya, terkecuali karena ketentuan agama/adat. Bagi pendaftar wanita tidak bertato/bekas tato, tidak ditindik/bekas tindik anggota badan lainnya selain telinga, dan tidak bertindik/bekas tindik di telinga lebih dari 1 (satu) pasang (telinga kiri dan kanan).
  8. Pesndaftar belum pernah menikah/kawin dan bersedia untuk tidak menikah/kawin selama mengikuti Pendidikan.
  9. Pendaftar tidak pernah dinyatakan lulus pada pengumuman kelulusan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru PKN STAN pada tahun-tahun sebelumnya.
  10. Khusus untuk pendaftar Program Afirmasi ditambahkan syarat sebagai berikut:
    • Pendaftar dari Afirmasi Pendidikan Menengah (ADEM) Papua dan Papua Barat:  Memiliki surat keterangan dari Sekolah Menengah Atas (SMA) atau yang sederajat yang menyatakan bahwa peserta merupakan peserta ADEM Provinsi Papua dan Papua Barat.
    • Pendaftar dari Afirmasi non-ADEM Papua, non-ADEM Papua Barat serta Afirmasi Maluku, Maluku Utara, dan Nusa Tenggara Timur.
    • Sudah menyelesaikan pendidikan Sekolah Dasar (SD) atau yang sederajat, Sekolah Menengah Pertama (SMP) atau yang sederajat, dan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau yang sederajat di provinsi Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, atau Nusa Tenggara Timur.
    • Pendaftar mempunyai garis keturunan orang tua (ayah atau ibu kandung) asli provinsi Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, atau Nusa Tenggara Timur.
    • Pendaftar mendapatkan rekomendasi dari Sekolah Menengah Atas (SMA) atau yang sederajat.

Jadwal Pendaftaran PKN STAN 2023

Merujuk pada Siaran Pers Nomor SP-2/BPPK/2023, PKN STAN membuka kesempatan yang luas bagi seluruh siswa lulusan pendidikan menengah untuk mengikuti SPMB tahun 2023. Siswa yang mau mendaftar di PKN STAN juga tidak akan dibatasi asal sekolahnya. Mulai dari lulusan SMA, SMK, Madrasah Aliyah, Sekolah Menengah Agama Kristen/Katolik/Khonghucu, Utama Widya Pasraman, hingga Kelompok Belajar Paket C, semuanya diperbolehkan untuk mendaftar. Perlu kamu ketahui bahwa pendaftaran PKN STAN 2023 akan dilaksanakan bersamaan dengan SNBT SNPMB 2023.

Hal ini dilakukan sebagai bentuk pelayanan kepada masyarakat yang mengedepankan prinsip-prinsip kenyamanan, fleksibilitas, dan kualitas. Seleksi penerimaan mahasiswa baru PKN STAN 2023 akan menggunakan hasil UTBK SNBT 2023. Buat kamu yang berminat untuk mengikuti seleksi penerimaan mahasiswa baru PKN STAN tahun 2023, maka kamu harus segera mendaftar UTBK SNBT terlebih dahulu.

Pendaftaran UTBK SNBT dijadwalkan berakhir pada 14 April 2023 atau sesuai dengan pengumuman lebih lanjut dari BPPP. Sementara itu, pengumuman resmi terkait jadwal penyelenggaraan SPMB PKN STAN sendiri akan diterbitkan bersamaan dengan Pengumuman Pendaftaran dan Seleksi Sekolah Kedinasan 2023, yang dikeluarkan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB).

Cara Daftar PKN STAN 2023

 Mengingat pendaftaran PKN STAN 2023 dilakukan terpusat melalui jalur SNBT yang diselenggarakan oleh Kemendikbud, maka berikut adalah tahapan pendaftaran PKN STAN 2023 yang bisa kamu jadikan sebagai panduan.

1. Melakukan Registrasi Akun SNBT

Bagi semua calon pendaftar PKN STAN 2023 wajib melakukan registrasi akun SNBT di laman https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id dengan menggunakan NISN, NPSN, dan tanggal lahir.

2. Melakukan Login Skun SNPMB

Kemudian, calon pendaftar melakukan login di https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id dengan menggunakan akun SNPMB.

3. Memilih Menu Verifikasi dan Validasi Data

Selanjutnya, calon pendaftar mengisi dan melengkapi biodata, kemudian mengunggah pas foto berwarna terbaru, dan verifikasi biodata serta unduh serta unggah pernyataan tuna netra/low vision.

4. Memilih Menu Pendaftaran UTBK SNBT

Calon pendaftar memilih program studi, mengunggah portofolio, memilih Pusat UTBK PTN. Selanjutnya calon peserta akan memperoleh slip pembayaran biaya UTBK.

5. Membayar Pendaftaran UTBK SNBT

(informasi akan di-update)

6. Mencetak Kartu Peserta UTBK SNBT

Setelah membayar biaya pendaftaran, peserta bisa melakukan login ke portal https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id dan pilih menu pendaftaran UTBK-SNBT untuk mengunduh Kartu Peserta UTBK.